Sebagai perusahaan publik terbesar
dan terintegrasi, PT Ivo Mas Tunggal (IMT) memiliki komitmen tinggi untuk
melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik.IMTmendefinisikantatakelolaperusahaanyang
baiksebagaikonsep yang komprehensiftentang
manajemenrisikotingkattinggi,lebihdarisekadarstandarumumyang
harusdipenuhi, dansuatukebutuhan yang
takterelakkanuntukmencapaitujuanperseroandanmeningkatkannilaibagi para
pemangkukepentinganjangkapanjang.
Prinsip tata kelola yang baik (Tranparency, Accountability,
Responsibility, Independency, dan Fairness)diharapkan
mampu mendorong perusahaan untuk mewujudkanVisidan Misi Perusahaan yaitu “ Menjadi
perusahaan agribisnis yang mendunia dan penghasil produk konsumen yang terintegrasi dan terbaik-
sebagai mitra pilihan”,dan“Secara efisienmenyediakan produk, solusi, serta layanan agribisnis dan konsumen yang
berkualitas serta berkelanjutan guna menciptakan nilai tambah bagi para
pemangku kepentingan kami ”.
Prinsip
responsibility diwujudkan dalam
bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada shareholder
danstakeholders, untuk patuh kepada
peraturan yang berlaku seperti masalah pajak, kesehatan dan keselamatan kerja, hubungan industrial,
pelatihan karyawan, jaminan kualitas produk, lingkungan hidup, memelihara
lingkungan bisnis yang kondusif bersama masyarakat dan sebagainya.
Lebih
lanjut pertanggungjawaban kepada stakeholders
diimplementasikan lewat program CSR yang terencana dan berkelanjutan dalam
bentuk investasi sosial, kemitraan, menjaga lingkungan dan mengelola kondisi
kerja yang kondusif.
Investasi
sosial,IMT membuat
kontribusi strategis untuk mendukung program yang secara langsung menangani
isu-isu sosial, seperti pendidikan, kesehatan, dan fasos dan fasum. Dengan mengecilnya
peran pemerintah, IMT memperluas peran
tradisionalnya memproduksi, menjual dan menghasilkan keuntungan menjadi
memberikan kontribusi finansial untuk pembangunan masyarakat sekitarnya.
Kemitraan, IMT
mendefinisikan kembali hubungan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar dari
“pemberi dana dan penerima dana” menjadi mitra baik dalam pembangunan daerah
maupun bisnis. Melibatkan masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam
operasi bisnis merupakan sesuatu perwujudan konkrit komitmen perusahaan untuk
menciptakan nilai bagi masyarakat.
Menjaga
lingkungan, IMT bertanggung jawab dan secara akuntabel menanggung
segala dampak yang merugikan yang diakibatkan oleh operasi perusahaan terhadap
lingkungan. Upaya-upaya tersebut
didorong oleh permintaan masyarakat untuk menciptakan lingkungan
kehidupan yang lebih baik, dan kesadaran akan lingkungan yang berkelanjutan
akan menciptakan efisiensi biaya bagi operasi bisnis
Mengelola kondisi kerja, manajemen memberikan lingkungan kerja yang kondusif
melalui program-program kesehatan dan keamanan, kompensasi, penghargaan dan jam
kerja, kesejahteraan keluarga, pelatihan, kedisiplinan, kesempatan yang sama
dan lain-lainnya. Menejemen menciptakan praktek bisnis etis yang bersih dari
korupsi dan suapserta patuh terhadap regulasi.
Selain memberikan kontribusi
finansial lewat program CSR yang dibuat secara partisipatif, IMT juga
membagikan nilai-nilai positip perusahaan yaitu Integrity, Positive Attitude,
Commitment, Continuous Improvement, Inovative, dan Loyal kepada stakeholders lewat sikap dan tutur kata
karyawan/relawan pendamping .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar