Sabtu, 27 Agustus 2016

KOMITMEN PT IVO MAS TUNGGAL TENTANG TANGGUNG JAWAB SOSIAL LINGKUNGAN





Sebagai perusahaan publik terbesar dan terintegrasi, PT Ivo Mas Tunggal (IMT) memiliki komitmen tinggi untuk melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik.IMTmendefinisikantatakelolaperusahaanyang baiksebagaikonsep yang komprehensiftentang manajemenrisikotingkattinggi,lebihdarisekadarstandarumumyang harusdipenuhi, dansuatukebutuhan yang takterelakkanuntukmencapaitujuanperseroandanmeningkatkannilaibagi para pemangkukepentinganjangkapanjang.

Prinsip tata kelola yang baik (Tranparency, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness)diharapkan mampu mendorong perusahaan untuk mewujudkanVisidan Misi Perusahaan yaitu “ Menjadi perusahaan agribisnis yang mendunia dan penghasil  produk konsumen yang terintegrasi dan terbaik- sebagai mitra pilihan”,danSecara efisienmenyediakan produk, solusi, serta layanan agribisnis dan konsumen yang berkualitas serta berkelanjutan guna menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan kami ”.

Prinsip responsibility diwujudkan dalam bentuk pertanggungjawaban perusahaan  kepada shareholder danstakeholders, untuk patuh kepada peraturan yang berlaku seperti masalah pajak, kesehatan  dan keselamatan kerja, hubungan industrial, pelatihan karyawan, jaminan kualitas produk, lingkungan hidup, memelihara lingkungan bisnis yang kondusif bersama masyarakat dan sebagainya.

Lebih lanjut pertanggungjawaban kepada stakeholders diimplementasikan lewat program CSR yang terencana dan berkelanjutan dalam bentuk investasi sosial, kemitraan, menjaga lingkungan dan mengelola kondisi kerja yang kondusif.

Investasi sosial,IMT membuat kontribusi strategis untuk mendukung program yang secara langsung menangani isu-isu sosial, seperti pendidikan, kesehatan, dan fasos dan fasum. Dengan mengecilnya peran pemerintah,  IMT memperluas peran tradisionalnya memproduksi, menjual dan menghasilkan keuntungan menjadi memberikan kontribusi finansial untuk pembangunan masyarakat sekitarnya.

Kemitraan, IMT mendefinisikan kembali hubungan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar dari “pemberi dana dan penerima dana” menjadi mitra baik dalam pembangunan daerah maupun bisnis. Melibatkan masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam operasi bisnis merupakan sesuatu perwujudan konkrit komitmen perusahaan untuk menciptakan nilai bagi masyarakat.

Menjaga lingkungan, IMT bertanggung jawab dan secara akuntabel menanggung segala dampak yang merugikan yang diakibatkan oleh operasi perusahaan terhadap lingkungan. Upaya-upaya tersebut  didorong oleh permintaan masyarakat untuk menciptakan lingkungan kehidupan yang lebih baik, dan kesadaran akan lingkungan yang berkelanjutan akan menciptakan efisiensi biaya bagi operasi bisnis

Mengelola kondisi kerja, manajemen memberikan lingkungan kerja yang kondusif melalui program-program kesehatan dan keamanan, kompensasi, penghargaan dan jam kerja, kesejahteraan keluarga, pelatihan, kedisiplinan, kesempatan yang sama dan lain-lainnya. Menejemen menciptakan praktek bisnis etis yang bersih dari korupsi dan suapserta patuh terhadap regulasi.

Selain memberikan kontribusi finansial lewat program CSR yang dibuat secara partisipatif, IMT juga membagikan nilai-nilai positip perusahaan yaitu Integrity, Positive Attitude, Commitment, Continuous Improvement, Inovative, dan Loyal kepada stakeholders lewat sikap dan tutur kata karyawan/relawan pendamping .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar